Saturday, September 21, 2013

9 Perasaan

Bacanya di majalah, dalam perjalanan Padang ke Jakarta, baru ingat sekarang. Artikel psikologi populer tentang 9 perasaan yang biasanya pengaruhi manusia dalam mengambil keputusan.

Menurut penulis artikel itu ada dua kelompok perasaan, yang negatif dan yang positif.

Apatis, kesedihan, ketakutan, keserakahan, kemarahan, adalah kelompok perasaan atau emosi yang cenderung mendorong kita mengambil keputusan negatif.

Keberanian (courageous bukan no fear), acceptance (nrimo) dan peace dikelompokkannya ke dalam perasaan yang cenderung membuat kita mengambil keputusan positif.

Secara bertahap, biasanya kita belajar mengambil keputusan dimulai dengan pengaruh kuat 6 perasaan negatif dulu, sebelum masuk ke tahapan dipengaruhi oleh 3 emosi positif terakhir. Sepertinya memang demikian.

Kepikiran, kenapa "cinta" tidak disebut si penulis artikel dalam jenis perasaan yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan? Apa karena 9 perasaan tadi dan perasaan lainnya yang tidak disebutkan, hanya sub-emosi dari cinta (menurutku)? Kan harus cinta dulu baru bisa sedih, marah, damai dan seterusnya..

Alhamdulillah, dengan 'jungkir-balik' dan butuh banyak waktu, sudah mau masuk ke tahapan 'nrimo' emosi yang ke 8, menuju 9.

posted from Bloggeroid