Semua Peristiwa Hanya Di Rongga Dada

Aku jadi tertarik untuk menuliskan ini karena kutemukan ada 2 lagu bagus yang menggunakan kalimat yang sama, pertama kang Ebiet G. Ade di lagu "Aku Ingin Pulang"

Aku Ingin Pulang
Kemanapun aku pergi
Bayang-bayangmu mengejar
Bersembunyi dimanapun
S'lalu engkau temukan
Aku merasa letih dan ingin sendiri
Kutanya pada siapa
Tak ada yang menjawab
Sebab semua peristiwa
Hanya di rongga dada

Pergulatan yang panjang dalam kesunyian
Aku mencari jawaban di laut
Kuseret langkah menyusuri pantai
Aku merasa mendengar suara
Menutupi jalan, menghentikan petualangan 

.....



Kedua mas Rob Thomas di Little Wonder:

....
Let it slide
Let your troubles fall behind you
Let it shine,
Till you feel it all around you
And I don't mind
If it's me you need to turn to
We'll get by
It's the heart that really matters in the end

....


Nah! Bila kang Ebiet G. Ade yang konon kabarnya sebagian besar lirik lagunya adalah hasil kolaborasi dengan cak Emha Ainun Najib mas Rob Thomas berkolaborasi ama siapa ya? Ternyata benar ada nilai-nilai kebenaran universal yang menembus batasan dan sekat yang kadangkala ciptaan manusia sendiri.

Benarkah semua peristiwa itu hanya berlangsung di rongga dada akhirnya? Kalau aku sih sepakat ama mereka. Sepertinya emang bener semua peristiwa yang berlangsung di luar diri kita, apapun, itu akhirnya singgah di rongga dada kita setelah dimaknai. Lepas dari wujud pemaknaannya apakah itu berupa kebencian, keharuan, keceriaan atau kemarahan.


Popular posts from this blog

Resensi Buku Suka-Suka: "Picatrix"

Ejapi Tompi Na Doang

Debat