Monday, December 7, 2009

Belajar Pada Anjing Pak Oni di Tinombala

Pak Oni, petani cokelat dan transmigran di desa Karya Mandiri kecamatan Bolano Lambalu, kabupaten Parigi Moutong, propinsi Sulawesi Tengah. Asal pak Oni dari Sangihe Talaud dan anjing peliharaannya adalah mitra kerja yang membuktikan pepatah "anjing binatang setia."

Sungai selebar 12 meter bukan halangan buatnya untuk menyeberang mengikuti kami dan pak Oni sambil sesekali terseret arus.

Pak Oni berbaik hati menawarkan diri pada bapak Kepala Desa untuk mengantar kami meneliti dan mengambil data ke lokasi sungai yang berpotensi mikro hidro dan sumber air bersih di perbukitan sekitar gunung Tinombala.


Anjing pak Oni jelas paham apa itu setia dan loyalitas, tidak seperti sebagian politikus kita, yang sekarang mungkin lebih tepat disebut "oportunis" daripada "politikus". Dimana kepentingan dan kesempatan adalah raja, bukan lagi nilai-nilai dan idealisme. Rakyat pelan-pelan terbiasa dengan tingkah polah mereka dan --semoga tidak-- menirunya diam-diam ataupun terang-terangan.

Jangan kecil hati, tidak mungkin pemimpin negeri ini mau kalah dengan anjing pak Oni dalam hal kesetiaan dan loyalitas. Setia dan amanah pada cita-cita mulia mereka saat disumpah atas nama Tuhan, untuk setia pada majikan, amanat penderitaan rakyat Indonesia.