Sunday, January 25, 2009

Palu - Kebun Kopi - Kabupaten Parigi Moutong - PP

Parigi itu ibukota kabupaten Parigi Moutong di provinsi Sulawesi Tengah yg terletak di tepi pesisir pantai, indah dan panasnya kurang lebih sama dengan Palu. Saking panasnya di sepanjang jalan banyak burung Pinguin dan Beruang Kutub mondar-mandir main-main salju... Pasti fatamorgana karena di Parigi ada tugu Katulistiwa :D

Ini kali ke-3 ke sini dan masih aja aku dibuat mabuk darat ama tikungan jalanan di kebun kopi yang belokannya nyaingin kelok 44 di trans Sumatera syukurlah nggak sampai muntah karena cara Ucok bawa mobil seperti lagi jalan berduaan dengan istrinya. Sayangnya lagi nggak musim durian, padahal duriannya terkenal seperti durian bangkok, berbiji kecil dengan daging buah yang tebal..

Foto teluk Tomini dari kebun kopi dari kompas.com. Huh! Aku tidak bawa kamera, nanti hari Selasa insya Allah nggak lupa lagi. View dari kebun kopi indah banget, nggak kalah deh dengan view di puncak pas ama view ke danau Singkarak dari kelok 44 di Sumatera Barat. Sejuknya juga nggak kalah. Kalau malam jalan di kebun kopi ini berkabut banget, saya yg duduk di depan ngeliat kabut yang nutupi jalan seperti jin-jin yang lagi asyik maen-maen di tengah jalan. Selepas tahun baru jalan di kebun kopi ini habis longsor, tapi sekarang sudah normal lagi. Sepanjang perjalanan aku hanya mencatat ada 5 daerah yang agak rusak jalannya itu juga nggak panjang cuma 10 - 20 meter aja.