Tuesday, July 1, 2008

Tips Kalo Mo Ngambil Proyek

Tips ini kubikin after my latest project.

#01. Job Description yang jelas, means di kontrak kita udah diberitahu target realisasi ma target waktu dengan jelas. Bikin garis batas pekerjaan yang tegas! When and What nya jelas! And ada komitment yang disepakati dan dijaga kedua belah pihak.

#02. Jangan terlibat atau melibatkan diri dalam intrik2 kepentingan pemilik project dengan vendor lain (beda team kita tapi masih dalam satu project). Bayangin bila persiapan yg kita lakukan, pengkondisian tools, fisik dan mental yang kita punya hanya untuk  kerja taman misalnya, eh! Karena kita kebawa-bawa ke dalam intrik, tiba2 aja bukan cuma taman yang harus diselesaikan, tapi sampe ke arrange acara  peresmian hotel 75 lantai! Kalaupun tidak ada pilihan lain karena kejepit di situasi gajah berkelahi pelanduk kejepit, sebaiknya lakukan "RE-" besar2an!!! Reschedule, Rebuild team work, reinkarnasi jadi supermen bahkan kalo bisa ;)

#03. Jangan biarkan pimpinan proyek yang mengatur siapa yang mestinya dan tidak semestinya berada dalam team anda! Remember, you are the one who will work with ur team to achieve target! Not the boss (he just sitting on his office with a cup of coffe and keeping asking u, how's the proggres?!! Ato kerjaan anda bakal nambah lagi satu,  (satu aja kadang udah terlalu banyak rasanya) training team sampe siap menerima distribusi target dari anda.

#04.  Jangan libatkan perasaan. Bener! Biarpun sekarang lagi trend bawa-bawa nilai sufistik ke dalam semua aktifitas termasuk di lingkungan kerja, karena anda belum tentu bekerja dengan orang yang memilki standar "rasa" yang sama. Mending dalam bekerja just use ur healthy mind, karena dalam urusan project, yang logis itu bener, yang bener itu indah!!

#05. Cuma sedikit manusia yg rajin bikin sinkronisasi dalam hidupnya. Seringkali kemampuan ama kemauan masih terpisah jurang dalam tapi karena puncaknya udah keliatan lantas kita berani bilang, saya bisa!.. Mbok ya.. di ukur dulu.. waktu yang tersisa, kompetensi team yang ada, tenaga ma kesehatan sendiri, pokoknya rajin2 synchronize deh!